Thursday, September 17, 2009

Manusia(2)

Setiap inci persegi tubuh manusia dihuni rata-rata 32 juta bakteri, hingga untuk seluruh tubuh total ada 100 milyar bakteri, atau 22 kali jumlah penduduk dunia. 

Diperlukan tempo seperlima ratus detik bagi otak untuk mengenali suatu benda setelah cahaya dari benda itu masuk ke mata untuk pertama kalinya. 

Bidang sensori yang memungkinkan kita mencium, luasnya hanya 4,7 cm persegi, pada anjing pemburu sedikitnya 62,5 cm persegi, dan hiu 150 cm persegi. Sementara itu kelinci punya reseptor bau seluas permukaan kulit di seluruh tubuhnya. 

Jantung setiap harinya menghabiskan energi yang besarnya cukup untuk mengangkat benda seberat hampir satu ton ke ketinggian 13 meter. Pada umur 50 jantung seseorang telah melakukan kerja yang setara dengan mengengkat benda seberat 18.000 ton ke ketinggian 230 km. Berat itu sendiri beberapa kali lebih berat dibanding muatan terberat yang pernah ditempatkan ke orbit bumi. 

Impuls saraf paling cepat dari saraf ke saraf di otak berkecepatan 400 km/jam. 

Satu inci persegi atau 6,25 persegi kulit, dua kali luas kuku ibu jari, mengandung 645 kelenjar keringat, 25 meter saraf dan lebih dari 1.000 ujungsaraf, 65 kantong rambut, dan 75 kelenjar penghasil minyak serta 6 meter pembuluhdarah. 

Mata manusia tergolong sangat peka, karena pada suatu kondisi ideal ia bisa mendeteksi dari sebuah puncak gunung di malam hari nyala sebatang korek api pada jarak 80 km. 

Seseorang akan meninggal akibat tanpa tidur lebih cepat dibandingkan kelaparan. Kematian akan terjadi setelah 10 hari tanpa tidur, sementara tanpa makan baru beberapa pekan. 

No comments:

Post a Comment