Thursday, September 17, 2009

Tips Membeli Laptop

Berikut adalah faktor yang perlu Anda lihat pada laptop untuk membantu Anda dalam memilih model yang bisa memenuhi kebutuhan Anda.

Operating System
Sebagian besar laptop yang dijual di toko perlengkapan kantor dan toko elektronik besar sudah diisi dengan operating system Microsoft. Membeli PC yang dipasang Windows XP Home atau Vista Home Basic bukan merupakan persoalan, paling tidak pertama-tamanya. Dalam banyak hal, malah terlihat menguntungkan. Mengapa Anda harus membayar lebih untuk edisi bisnis jika yang perlu Anda lakukan adalah menulis dokumen, mengolah spreadsheet, mengirim dan menerima e-mail, dan menggunakan Internet? Namun, versi bisnis menawarkan banyak fitur yang mungkin saja nanti dibutuhkan. Selain itu, migrasi dari lingkungan workgroup ke sistem client-server kadang diperumit dengan harus membeli lisensi Windows XP Professional atau Vista Business (belum lagi waktu dan biaya yang berhubungan dengan upgrading setiap komputer user). Operating system stand-alone biasanya tidak mendukung penggabungan ke domain maupun koneksi remote. Oleh karena itu, pada waktu membeli laptop, pastikan sudah diisi dengan operating system yang akan memenuhi semua kebutuhan komputasi Anda.

CPU
Laptop yang diiklankan dengan harga menarik sering kali tidak mempunyai CPU yang kuat. Pada waktu memilih komputer portable, belilah model dengan CPU yang disesuaikan untuk komputasi mobile. Jika tidak, Anda bisa berakhir dengan laptop yang membutuhkan waktu 5 sampai 7 menit untuk masuk ke dalam Windows, pemakaian baterai yang singkat, dan tidak bisa menjalankan aplikasi yang Anda gunakan. CPU Intel Core 2 Duo mempunyai performa yang sangat baik. Selain tenaga pemrosesan yang besar, chip ini juga menggunakan energi yang lebih sedikit (sehingga pemakaian baterai bisa lebih lama) dan mengeluarkan panas yang lebih sedikit dibanding CPU Pentium sebelumnya. Laptop yang menggunakan chip ini (2.0 GHz dan lebih tinggi) bisa memenuhi
semua kebutuhan komputasi untuk tiga atau empat tahun ke depan.

RAM
Banyak laptop Windows Vista yang dipasarkan mempunyai mempunyai RAM 1 GB. RAM sebesar itu memang lebih dari cukup untuk Windows XP, tapi biasanya tidak cukup untuk menjalankan sistem Vista secara lancar. Bagi user yang ingin menjalankan beberapa aplikasi secara simultan pada laptop
Windows Vista sebaiknya isi laptop dengan RAM 2 GB. Meskipun sebagian besar user tidak menganggap diri mereka sebagai power user, RAM 2 GB harus menjadi standar bagi user yang
ingin menjalankan beberapa aplikasi Office sambil surfing di Internet dan mengecek e-mail. Bagi Anda yang ingin mengedit foto digital atau memainkan game pada sistem Vista juga harus upgrade ke RAM 2 GB.

Video Card
Performa grafis pada komputer laptop terkenal buruk. Ini terutama untuk laptop berharga US$500-an. Operating system Windows Vista membutuhkan video card yang kuat untuk memaksimalkan fitur barunya (mencakup interface Aero yang butuh banyak resource, menu tembus pandang, dan teknologi Flip 3D). Komputer Windows XP yang ingin menjalankan aplikasi teknik dan penggambaran tiga dimensi juga membutuhkan video card yang kuat, demikian juga game, apapun OS-nya. Pada waktu ingin membeli komputer laptop, pilihlah model yang paling sedikit mempunyai RAM onboard 128 MB. Jika Anda ingin menjalankan aplikasi teknik dan penggambaran, produksi video, atau games, Anda harus upgrade ke video card dengan RAM 256 MB.

Port
Banyak user beranggapan bahwa setiap komputer laptop modern mempunyai banyak port USB, dan juga port VGA, DVI, serial, dan paralel. Mereka mungkin akan kecewa; untuk menekan harga, pabrikan mengurangi jumlah port pada laptop. Laptop ekomonis seringkali hanya mempunya sepasang port USB, tanpa port serial, paralel, atau DVI dan hanya punya satu port VGA (jika port video memang ada. Pada waktu membeli laptop, lihat spesifikasi teknisnya dan pastikan port yang dibutuhkan ada. Sebagian besar laptop sekarang sudah dilengkapi dengan NIC, mereka tidak selalu punya slot PC Card, jadi itu juga faktor lain yang harus dipertimbangkan pada waktu hendak membeli laptop.

Ukuran Layar
Pikirkan masak-masak kebutuhan monitor Anda sebelum membeli laptop. Anda mungkin berpikir bahwa yang Anda butuhkan adalah layar lebar 17-inci. Namun akhirnya, terasa terlalu besar. Kenapa begitu? Pikirkanlah bagaimana nanti Anda akan menggunakan laptop. Jika laptop nanti akan sering dibawa bepergian, menyimpannya ke tas pelindung, membawanya ke bandara, memasukkannya ke mesin pengawas barang, membawanya ke dalam ruang pertemuan, dan menentengnya ke mana pun Anda pergi akan sangat susah jika layarnya berukuran besar. Model dengan layar 12-inci lebih mudah dibawa bepergian, ke dalam pesawat, dan kedai kopi. Mereka juga jauh lebih ringan, dan jika diperlukan Anda bisa memadukannya dengan layar 22-inci di meja Anda.

Wireless Terintegrasi
Hampir menjadi standar bahwa laptop yang dipasarkan sekarang ini sudah dipasangi kartu wireless (WiFi) 802.11g. Namun, tentu saja itu bukan keharusan dan tidak semua model mempunyainya. Pastikan laptop yang ingin Anda beli mempunyai teknologi WiFiyang Anda butuhkan. Baca spesifikasinya secara seksama untuk memastikan model yang Anda beli menyediakan konektivitas wireless yang dibutuhkan.

Bluetooth Terintegrasi
Teknologi bluetooth terintegrasi pada laptop dulunya merupakan barang mewah. Sebagian besar user sekarang mengasosiasikan Bluetooth dengan hands-free wireless yang digunakan pada telepon seluler, tapi Bluetooth juga semakin penting pada waktu hendak menghubungkan perangkat handheld ke laptop. Dengan teknologi Bluetooth, Anda bisa menyinkronisasi kontak, e-mail, kalender, dan daftar task ponsel ke laptop secara wireless. Teknologi Bluetooth juga bisa digunakan untuk menghubungkan mouse wireless ke laptop.

Touch Pad
Hampir semua laptop dilengkapi dengan touch pad dan tombol kliknya. Mempunyai touch pad atau pointer yang canggih tidaklah penting. Pastikan saja Anda memilih laptop yang mempunyai perangkat pointing yang Anda suka. Cobalah model yang ingin Anda beli untuk memastikan touch pad-nya nyaman. Meskipun Anda berencana untuk menggunakan mouse eksternal, ada kalanya Anda mungkin lupa membawanya dan hanya touch pad yang Anda punya.

Pemakaian Baterai
Pemakaian baterai sangat penting tapi bukanlah penghalang. Pada waktu membeli laptop, jika satu baterai tidak menyediakan masa pakai yang dibutuhkan, Anda bisa membeli baterai kedua. Namun, banyak user yang tidak mau direpotkan dengan membawa beberapa baterai. Biasanya, baterai laptop di-upgrade dari enam atau sembilan-sel ke 12-sel (jika ada). Baterai yang lebih besar bisa bertahan lebih lama, dan hal ini merupakan faktor penting bagi mereka yang bepergian melalui udara. Perlu diketahui bahwa sel baterai yang lebih besar sering kali membuat ukuran baterai lebih menonjol. Dengan kata lain, mereka bisa mengurangi estetika laptop. Bagaimanapun, tidak ada yang pernah mengatakan bahwa fungsionalitas tidak ada harganya.

Dikutip dengan beberapa perubahan dari Tabloid PCMedia 01-2008, penulis asli: Gunung Sarjono.


No comments:

Post a Comment