Thursday, September 17, 2009

Mendapatkan Kembali Yang “Hilang” Pada Windows Vista

Mungkin karena Anda terbiasa menggunakan XP, Anda bingung bahwa ada fitur XP yang “hilang” saat Anda menggunakan Vista. Sebenarnya fitur tersebut tidaklah hilang. Berikut langkah-langkah mendapatkan kembali fitur tersebut.

Setup Basis Teks Tidak Ada
Oke, ini bukanlah sesuatu yang begitu dirindukan setiap orang, tapi bagi kita yang telah menginstalasi operating system Windows selama bertahun-tahin, hilangnya “bagian pertama” dari proses Setup, yang menampilkan teks putih pada latar biru, maka sudah pasti ada perbedaan. Program instalasi Windows Vista berbasis grafik dari awal—dan itu indah, sehubungan faktor tampilan “wow” yang ingin dicapai Microsoft untuk Windows Vista.

Apa yang Terjadi dengan Program Pihak Ketiga?
Jika Anda sebelumnya menggunakan program seperti PowerDesk misalnya, maka akan Anda temukan program tersebut tidak bisa lagi digunakan. PowerDesk itu sendiri bisa diinstalasi pada Windows Vista, tapi pada waktu membuat atau membuka toolbar, Anda mendapatkan pesan error. Banyak program versi lama yang tidak bekerja pada Windows Vista, tapi banyak vendor software mengeluarkan versi baru yang bisa, atau merilis update supaya program mereka Vista-capable. Pada beberapa kasus, Anda bisa menginstalasi atau menjalankan program lama dengan menjalankan file instalasi atau program yang diinstalasi dalam Compatibility mode. Untuk melakukannya, pada Windows Explorer, cari file instalasi atau file executable program. Klik kanan dan kemudian pilih Properties. Klik tab Compatibility. Beri tanda centang (_) Run this program in compatibility mode, dan pilih operating system yang dulunya Anda gunakan untuk menjalankan program. Jika masih tidak berhasil, Anda bisa mengatur setting untuk menjalankan program (kedalaman warna dan resolusi) atau mematikan themes, komposisi desktop, dan/atau skala tampilan. Program lainya yang bisa berjalan di XP tapi bermasalah dengan Windows Vista adalah software defragmentasi Diskeeper. Ini merupakan salah satu fitur yang hilang, yang menyebabkan beberapa dari kita menjalankan utiliti defragmentasi pihak ketiga.

Di Mana Windows Messenger?
Windows XP datang dengan Windows Messenger terinstalasi. Namun, Windows Vista tidak—tapi menu Start berisi link ke halaman download Live Messenger. Beberapa orang mungkin merasa tidak senang karena harus men-download dan menginstalasi program (terutama mereka yang tidak boleh menginstalasi program pada komputernya). Namun, itu mungkin merupakan ide yang bagus karena mempermudah administrator jaringan dalam mencegah user chatting online, jika peraturan perusahaan tidak memperbolehkannya. Selain itu, Anda akan mendapatkan versi Messenger yang paling baru kapan pun menginstalasi operating system.

Mengapa Sistem Sekuriti yang Baru Terus Mengganggu Saya?
Mungkin sifat Windows XP yang paling dirindukan adalah perilakunya yang lebih moderat. Jika Anda masuk sebagai administrator dan ingin menginstalasi program atau melakukan beberapa pekerjaan administratif, Windows XP tidak mempertanyakan keputusan Anda. Sekuriti Windows Vista lebih ketat—bahkan administrator akan menghadapi “boks penganggu” User Account Control (UAC). Peraturan paling penting dalam mengontrol akses ke resource adalah memberikan akses secukupnya kepada user untuk melakukan pekerjaannya. Banyak pekerjaan tersebut tidak membutuhkan hak akses administrator. Namun, karena Windows sebelumnya secara default membuat semua user sebagai administrator, banyak user yang selalu masuk ke komputer dengan account administrator. Pada waktu user masuk sebagai administrator, tanpa UAC user tersebut otomatis mendapatkan akses penuh ke semua resource sistem. Namun, banyak user tidak butuh akses setinggi itu. Banyak user bahkan tidak sadar bahwa mereka administrator, dan mereka browsing Internet, mengecek e-mail, dan menjalankan software sepanjang hari sebagai administrator. Dan mereka bisa saja secara tidak sengaja menginstalasi program berbahaya. Anda bisa memaatikan fitur User Account Control, tapi itu tidak dianjurkan. UAC memperkecil risiko pada waktu masuk dengan account administratif, dan jika Anda sering melakukannya, Anda harus membiarkan Windows Vista melindungi Anda. Meskipun begitu, jika Anda benar-benar ingin menghilangkan boks pengganggu tersebut, buka Administrative Tools di bagian System and Maintenance pada Control Panel, dan kemudian pilih Local Security Policy. Pada waktu ditanya, klik Continue. Pada panel sebelah kiri, ekspan Local Policies dan klik Security Options. Pada panel sebelah kanan, gulung daftar sampai menemukan User Account Control: Behavior of the elevation prompt for administrators in Admin Approval Mode. Klik ganda, dan pada boks drop-down di tab Local Security Settings, pilih Elevate without prompting. Klik OK.

Windows Explorer Terlihat Berbeda
Kali pertama membuka Windows Explorer, Anda mungkin sedikit bingung dengan tampilan barunya. Anda mungkin merindukan menu bar lama, yang berisi File, Edit, View, Favorites, Tool, dan Help. Faktanya, Anda sedikit kesulitan menggunakan Windows Explorer tanpa adanya menu bar. Ini bisa diatasi dengan mudah. Klik Organize, pilih Layout, dan kemudian beri tanda centang Menu Bar. Menu bar yang lama sekarang ada lagi di bagian atas jendela, pada tempat di mana ia biasanya berada.

Ke Mana Perginya Tombol Up?
Perbedaan lain pada Windows Explorer adalah hilangnya tombol Up. Ini telah diganti dengan tombol Back, tapi tombol tersebut membawa Anda ke tempat sebelumnya, buka ke level atas pada path di mana Anda berada. Tentu menyenangkan jika mempunyai keduanya. Pada umumnya, Anda bisa mengatasi ini dengan menggunakan folder path yang bisa diklik. Sekarang Anda mengklik di sembarang level path yang ditampilkan pada Address bar. Anda juga bisa mengklik panah di samping setiap level dan melihat daftar semua file dan folder yang terdapat pada level tersebut. Selain itu, Anda bisa mengunakan tombol Recent Pages, yang berupa panah kecil yang berada di antara tombol Back/Forward dan Address bar, untuk menampilkan lokasi ke atau yang baru saja Anda buka. Ini sangat membantu dalam menavigasi sistem Anda.

Windows Vista Butuh Terlalu Banyak Klik
Banyak user Windows Vista baru yang mengeluh karena beberapa operasi sekarang membutuhkan klik yang lebih banyak dibanding dengan Windows XP. Sebagai contoh, pada Windows XP Anda bisa mengklik kanan icon Network pada desktop dan memilih Properties untuk melihat daftar koneksi jaringan. Pada Windows Vista, klik kanan yang sama menampilkan Network and Sharing Center. Ada klik tambahan yang harus dilakukan untuk melihat daftar koneksi jaringan. Anda harus mengklik Mana ge Network Connection pada Task pane di sebelah kiri. Jika Anda ingin melihat koneksi jaringan dengan cepat, Anda bisa membuat shortcut dengan menyeret icon-nya ke desktop atau Quick Launch bar, sehingga Anda bisa mengaksesnya dengan sekali klik.

Dikutip dengan beberapa perubahan dari Tabloid PCMedia 07-2008, penulis asli: Gunung Sarjono.


1 comment:

  1. mcm mana kalu nak suruh blh terus masuk windows tanpa kena tekan enter atau f2

    ReplyDelete