Thursday, September 17, 2009

Tips dan Trik Windows Vista (2)


Mengeksplorasi Menu Start Windows Vista
Mencari suatu aplikasi, situs web, dan e-mail sekarang bisa lebih cepat dengan menu Start Windows Vista. Untuk mencari suatu aplikasi atau file, klik tombol Windows pada keyboard (atau buka menu Start) dan masukkan nama file di field Instant Search. Pada waktu Anda mengetik, Windows Vista segera mencari nama file, metadata, dan teks lengkap semua file dan menampilkan pilihannya berdasarkan jenis file. Sebagai contoh, ketik “out” untuk mencari Microsoft Outlook.

Gunakan Search Explorer Baru
Coba cari file dan pilih untuk melihat file dengan cara lain, yaitu melalui stack view. Klik kanan di sembarang tempat pada hasil pencarian, pilih Stacked By, dan kemudian pilih Authors. Ekplor semua dokumen berdasarkan author tertentu dengan mengklik ganda stack author. Sekarang, simpan pencarian tersebut sebagai search folder baru. Pilih opsi Save Search pada toolbar dan simpan search folder Anda. Untuk menjalankan kembali di waktu mendatang, pilih folder Searches di bagian kiri navigation pane, dan klik ganda search folder Anda.

Rasakan User Interface Baru ~
Jika Anda memutuskan untuk tetap menggunakan Aero, buka beberapa file dan lihat bagaimana mudahnya mencari jendela yang diinginkan dengan Windows Flip (tekan [Alt]+[Tab] atau Flip 3D (tombol Windows+[Tab]).

Tab Browsing Dengan Internet Explorer 7
Tab browsing pada Internet Explorer 7 memungkinkan satu jendela Internet Explorer membuka beberapa halaman. Buka halaman baru dengan mengklik tab kosong pada toolbar atau dengan mengklik kanan hyperlink dan pilih New Tab. Tab juga bisa diklik kanan untuk merefresh satu atau sekelompok halaman. Anda bisa menutup satu atau sekelompok tab, da Anda bisa menyimpan tab tersebut sebagai satu grup favorite. Dengan fitur Quick Tabs (tombolnya hanya tampil pada waktu Anda membuka lebih dari satu halaman), thumbnail semua tab yang terbuka bisa dilihat dalam satu jendela untuk mempermudah Anda menangani beberapa tab.

Mencetak Halaman Web Sesuai Kertas
Sebagian besar situs web tidak diformat supaya pas pada kertas standar. Dengan fitur Shrink To Fit pada Internet Explorer 7 situs Web tidak akan terpotong lagi pada waktu dicetak.

Berkolaborasi dengan Kolega
Ingin cara mudah untuk berbagi file dan aplikasi dengan kolega atau kustomer—meskipun Anda tidak berada dalam jaringan yang sama? Windows Meeting Space merupakan fitur baru pada Windows Vista yang memungkinkan Anda untuk berkolaborasi dengan user Windows Vista lain. Buka Windows Meeting Space dan buka sesi. Windows Vista otomatis akan mendeteksi user Windows Vista lain yang berada dalam infrastruktur subnet yang sama atau yang cukup dekat untuk membuat koneksi wireless ad-hoc (koneksi langsung PC ke PC). Setelah mengundang mereka dan mereka menerima, Anda bisa berbagi dokumen dengan menyeret dokumen ke area Handouts di kanan bawah yang langsung mereplikasi file tersebut ke komputer user lain yang terhubung. Menyeret file ke area Presentation di bagian kiri akan menjalankan aplication sharing, yang memungkinkan partisipan melihatnya pada waktu Anda mempresentasikan file tersebut. Jika orang lain yang ingin mengedit file Anda, prosesnya bisa dilakukan secara real time, atau memberikan kontrol atas aplikasi tersebut secara langsung kepada partisipan supaya mereka bisa mengeditnya untuk Anda.

Share Folder dan File Langsung dari PC Anda
Windows Vista meningkatkan praktik sharing folder jaringan Windows yang kali pertama diperkenalkan pada Windows XP dengan memberi lebih banyak fl eksibilitas dalam menentukan apa yang Anda share dan mempermudah proses setup.Dengan Windows Vista sekarang Anda bisa berbagi folder dan file dengan user lain pada jaringan korporat yang sama. Dari jendela Explorer, pilih file atau folder yang ingin di-share, dan kemudian pada toolbar, klik Share. Masukkan nama atau user lain pada jaringan yang sama, dan beri hak akses yang diperlukan—reader, co-owner, dan seterusnya. Windows Vista bahkan bisa otomatis membuat e-mail ke setiap individu yang Anda bagi. E-mail tersebut berisi hyperlink ke content yang di-share, sehingga penerima bisa dengan cepat ke content yang di-share.

Membuat Dokumen XPS
Dokumen XPS merupakan format archiving baru yang cocok untuk menjaga content dan melindungi informasi. Untuk membuat dokumen XPS, buka dokumen dan cetak. Pada menu pemilihan printer, pilih Microsoft XPS Document Writer, dan simpan file. Klik ganda file hasil untuk membukanya di XPS Viewer, yang tergabung dalam Internet Explorer 7.

Mengembalikan File ke Awal
Windows Vista memperkenalkan fitur baru: Previous Versions. Ini memungkinkan Anda untuk “memutar” waktu ke versi awal file yang secara tidak sengaja Anda timpa atau edit. Buka dokumen, edit, simpan, dan kemudian tutup. Klik kanan dokumen yang baru saja diubah, dan kemudian pilih Restore previous versions, yang akan menampilkan daftar versi yang disimpan sebelumnya. Pilih versi dan Windows Vista akan mengembalikan file ke versi tersebut. Hati-hati, semua editan sejak versi tersebut akan hilang.

Dikutip dengan beberapa perubahan dari Tabloid PCMedia 02-2008, penulis asli: Gunung Sarjono.


No comments:

Post a Comment