Thursday, September 17, 2009

Masalah Pada Vista


Anda bisa menghilangkan beberapa masalah pada Windows Vista dengan beberapa perubahan sederhana. Sedangkan, yang lain harus Anda terima. Berikut beberapa masalah yang ada di Vista.

Tidak Ada Lagi Boot.ini
Mengubah menu boot jauh lebih mudah di Windows XP. Jika Anda menjalankan beberapa operating system, yang perlu Anda lakukan hanya membuka fi le Boot.ini dan melakukan perubahan. Sebagai contoh, Anda mungkin mengubah nama operating system yang diinstalasi supaya mereka lebih mudah dikenali. Pada Vista jauh lebih kompleks. Anda tidak lagi mengedit file Boot.ini. Sebagai gantinya, Anda menggunakan program bernama bcedit, yang tidak user-friendly, bahkan untuk user yang sudah berpengalaman.

Setting Tampilan Tersembunyi
Mengapa mengubah sesuatu demi perubahan? Itulah yang sempat terlintas ketika kali pertama mengubah setting tampilan di Vista. Dulunya mengubah setting tampilan cukup dengan mengklik kanan desktop. Sekarang ditambahkan beberapa level kompleksitas. Anda masih tetap mengklik kanan desktop, tapi ketika memilih Personalize, sebuah jendela baru tampil dengan opsi Appearance and Personalization. Anda harus menggulung sampai bawah jendela untuk menemukan opsi Display Settings. Selama menggunakan Vista, Anda akan melihat bahwa ini bukanlah satu-satunya perubahan yang tidak perlu.

Kusutnya Control Panel
Control Panel pada Windows Vista terlihat kusut dan lebih sulit dinavigasi. Sekarang lebih banyak klik yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan Anda. Jika melihat balik ke Windows XP, Anda mungkin sekarang menghargai kesederhanaan Control Panelnya. Anda bisa menghilangkan gangguan ini dengan pindah ke Control Panel model lama. Ketika membuka Control Panel, pilih opsi Classic View.

Shutdown Options
Melakukan shutdown pada Windows Vista sangat rumit. Ada tujuh pilihan shutdown pada Start Menu—dari Switch User sampai Hibernate ke Shut Down. Power user mungkin tidak akan mengalami kesulitan dalam memilih opsi yang diinginkan. Namun, cobalah jelaskan cara men-shut down laptop atau desktop ke user baru ketika mereka dihadapkan dengan tujuh pilihan. Di sinilah gangguan yang sebenarnya datang.

Terlalu Banyak Edisi
Terlalu banyak pilihan kadang mengganggu dan membuat bingung. Membeli operating system dulunya mudah karena pilihan kita hanya sedikit. Anda bisa memilih antara ini atau itu. Dengan
Windows XP, kita ada empat versi operating system. Sekarang, dengan Windows Vista, bahkan lebih banyak lagi. Operating system terbaru dari Microsoft ini hadir dalam versi Home Basic, Home Premium, Business, Enterprise, dan Ultimate. Jadi mana yang Anda pilih? Itu bergantung kepada Anda menggunakannya dan jenis lingkungan kerja Anda. Anda harus melakukan beberapa penelitian dan mencari tahu fi tur Windows Vista yang Anda butuhkan (atau inginkan). Ini akan membantu untuk mempersempit pilihan Anda. Siapa sangka ternyata memilih operating system saja bukanlah pekerjaan yang mudah.

Prompt UAC
Fitur baru Windows Vista yang paling sering dianggap mengganggu adalah User Account Control atau UAC. Setiap kali Anda melakukan task yang membutuhkan hak administratif, muncul sebuah jendela yang meminta izin Anda. Dengan kata lain, Anda meminta Windows Vista untuk melakukan
suatu proses, tapi ia kemudian meminta izin Anda untuk melakukannya. Meskipun maksudnya bagus (mencegah perubahan ke komputer yang tidak terotorisasi), jendela yang terus-menerus muncul sangatlah mengganggu. Jika Anda bisa terus hidup dengan itu, tidak ada apa-apa. Jika tidak, Anda
bisa menghilangkan gangguan tersebut dengan mematikan UAC melalui User Accounts and Family Safety, UserAccounts pada Control Panel

Dikutip dengan beberapa perubahan dari Tabloid PCMedia 10-2008, penulis asli: Gunung Sarjono.


No comments:

Post a Comment