Thursday, September 17, 2009

Meningkatkan Performa Vista

Jika Anda merasa komputer Anda berjalan agak lambat dan ingin sedikit mempercepat performanya, berikut panduannya

Tambahkan Memory (RAM)
Vista merupakan operating system yang lapar memory. XP sudah bisa berjalan dengan cepat pada 512 MB, sedangkan Anda butuh minimal 1 gigabyte untuk menjalankan Vista secara lumayan. Dua gigabyte malah lebih baik dan jika Anda menjalankan semua fitur grafis dan membuka banyak program sekaligus, terutama yang menggunakan banyak memory, 4 gigabyte tidaklah berlebihan.Untungnya, RAM masih relatif tidak mahal—jadi belilah sebesar mungkin, saat Anda bisa. Anda tidak akan menyesalinya.

Gunakan ReadyBoost
Tidak bisa secara fisik menambah RAM? Mungkin laptop Anda sudah mencapai memory maksimum yang bisa diinstalasi. Jika demikian, Vista menyediakan tool untuk mengelabui komputer Anda sehingga mengganggap Anda punya lebih banyak RAM dari yang sebenarnya. Anda bisa menggunakan flash memory card atau USB key untuk meningkatkan memory sistem; Vista bisa mengakses flash memory lebih cepat dari pada data yang tersimpan di hard disk. Cara terbaik adalah dengan menggunakan flash card atau USB key performa tinggi. Pada waktu dimasukkan, Windows
akan menanyakan apakah Anda ingin menggunakannya untuk meningkatkan performa sistem, dan kemudian Anda bisa mengalokasikan berapa besar kapasitas yang ingin digunakan untuk keperluan tersebut. Sisanya dapat digunakan untuk menyimpan data.

Gunakan Video Card yang Bagus
Jika Anda punya cukup RAM, hardware yang kemungkinan besar menghambat performa komputer Anda adalah video card. Anda butuh video card high-end untuk menjalankan Aero dengan lancar, tapi beberapa vendor komputer menjual komputer dengan video card yang tidak memadai. Anda bisa mengetahui apakah video card Anda memadai dengan mengecek skor Windows Experience Index (WEI) pada Performance Information and Tools di Control Panel. Video card onboard pada sebagian besar sistem tidak cukup powerful untuk menjalankan Vista dengan lancar. Supaya Anda tidak kecewa pada waktu menjalankan Aero, gunakan video card yang sudah disertifi kasi untuk Vista Premium. Sama seperti RAM sistem, semakin besar RAM video semakin baik, dan jika Anda ingin memainkan game Vista, pastikan video card Anda mendukung DirectX 10.

Hilangkan Program Startup Tambahan
Anda mungkin menemukan banyak program yang otomatis dijalankan pada waktu Windows booting, terutama jka Anda membeli komputer dari vendor yang memasang banyak software. Beberapa di antaranya mungkin Anda inginkan, seperti program antivirus atau anti-spyware, tapi banyak diantara mereka mungkin tidak Anda gunakan atau hanya kadang-kadang saja dan Anda tidak mau menjalankan semuanya sekaligus. Mereka semua dimuat ke dalam memory dan memakan resource
sistem—dan akibatnya sistem menjadi lambat karena mereka berjalan secara background. Beberapa program startup bisa dihentikan dengan menghapus mereka dari folder Startup. Yang lainnya dikonfigurasi dari registry. Banyak program startup yang bisa diatur dari Windows Defender Software Explorer, yang bisa Anda akses dari link Manage Startup Programs di panel sebelah kiri Performance.

Matikan Tambahan Tampilan
Banyak tambahan tampilan yang membuat Vista seperti Vista, seperti animasi pada waktu mengecilkan dan membesarkan jendela, menu memudar atau bergeser, bayangan di bawah menu dan pointer mouse, dan thumbnail gambar. Namun, semuanya itu memakan resource, dan jika prioritas Anda adalah performa, operating system akan berjalan lebih cepat tanpa mereka. Kotak dialog Performance Options bisa diakses dari link Adjust Visual Effect di panel kiri Performance Information And Tools. Pada tab Visual Effects, Anda bisa mengatur setting secara terpisah, matikan yang tidak diinginkan, untuk meningkatkan performa. Atau Anda bisa mematikan semua efek visual
dengan mengklik Adjust For Best Performance.

Atur Opsi Pengindeksan
Vista mempunyai fi tur pencarian yang jauh lebih baik, tapi ia bergantung kepada pengindeksan fi le dan program pada harddisk Anda sehingga mereka bisa ditemukan dengan cepat. Namun pada waktu proses pengindeksan berjalan, ia bisa memperlambat program lain yang Anda jalankan pada saat yang sama. Anda bisa memilih lokasi yang ingin diindeks; lebih sedikit lokasi akan membuat pengindeksan lebih singkat sehingga menghasilkan performa yang lebih cepat. Di lain pihak, Anda akan mendapatkan performa pencarian yang lebih baik dengan mengindeks semua lokasi. Anda tidak bisa mematikan fi tur pengindeksan secara total, tetapi Anda bisa memilih Adjusting Indexing Options di panel kiri Performance Information And Tools.

Bersihkan dan Defrag Harddisk
File yang terfragmentasi atau banyaknya fi le ekstra yang tidak dibutuhkan pada harddisk bisa menurunkan performa. Vista menyediakan tool pembersihan harddisk, yang bisa Anda akses dari Start, All Programs. Accessories, System Tools. Tentukan drive yang ingin dibersihkan, dan tool akan mengestimasi jumlah kapasitas yang Anda dapatkan setelah menjalankan proses cleanup. Defragmentasi harddisk akan mengatur ulang data sehingga semua bagian file tidak terpecah-pecah; ini membuat Vista bisa mengakses fi le tersebut lebih cepat. Disk defragmenter internal bisa diakses dari menu System Tools. Proses defragmentasi itu sendiri bisa memperlambat komputer Anda, jadi lakukan pada waktu Anda tidak sedang menggunakan komputer. Selain disk defragmenter internal, ada juga utiliti dari pihak ketiga.

Atur Setting Power
Jika tidak masalah menggunakan power lebih, Anda bisa meningkatkan performa dengan mengeset setting power ke High Performance. Klik Power Options pada Control Panel dan pilih opsi tersebut. Secara default, konfi gurasi diset ke Balanced, yang membatasi power CPU sebesar 50% dari operasional normal.

Matikan Sidebar
Sidebar merupakan fitur menarik, tetapi jika Anda tidak menggunakannya, Anda bisa menghemat resources dengan mematikannya. Pertama, klik kanan dan pilih Properties. Selanjutnya, hilangkan tanda centang pada Start sidebar when Windows starts. Kemudian, tutup sidebar dengan mengklik kanan dan pilih Close.

Matikan Aero
Ini merupakan pilihan terakhir; lagi pula, Aero-lah yang membuat Vista seperti Vista. Namun jika Anda tidak peduli semua tampilan yang menarik tersebut dan/atau mempunyai komputer kecepatan rendah, tapi Anda masih menginginkan fitur yang baru (pencarian, sekuriti, peningkatan Explorer, dan seterusnya), Anda bisa meningkatkan performa dengan menggunakan tampilan nontransparan. Untuk melakukannya, klik kanan desktop dan pilih Personalize, lalu klik Windows Color And Appearance. Sekarang, klik Open Classic Appearance Properties For More Color Options. Dari boks daftar drop-dow di tab Appearance, pilih sembarang theme selain Aero (Windows Vista Basic, Windows Standard, atau Windows Classic)

Dikutip dengan beberapa perubahan dari Tabloid PCMedia 02-2008, penulis asli: Gunung Sarjono.

No comments:

Post a Comment